KI Narto Sabdho - suteja Takon Bapa


Dalam pengertian awam saya, Raden Suteja Bomanarakasura adalah Putera Raja Dwarawati, Prabu Kresna (ketika pada kapasitas sebagai Bethara Wisnu) dengan Bethari Pertiwi.  Tidak seperti Prabu Kangsadewa yang membuka front dengan mendiang Prabu Basudewa, Raja Mandura disebabkan rasa dendam atas meninggalnya Prabu Gorawangsa, ayah biologisnya.  Bomanarakasura yang pada akhirnya berperang dengan Dwarawati dalam sebuah perang besar yang terkenal, yaitu Gojalisuta, dipicu oleh perselingkuhan Raden Samba (putra Prabu Kresna dengan Dewi Rukmini) dengan Dewi Hagnyanawati isterinya.
Ternyata, setelah mendengarkan cerita Suteja Takon Bapa.  Tokoh Raden Suteja tidak bisa diceritakan dengan begitu sederhana sebagai sebuah cerita yang “wungkul” dan hanya hitam putih semata.  Ditangan Ki Nartosabdo, cerita mengalir berliku bahkan beriak dan bermuara ditempat yang sama sebagaimana difahami oleh orang yang mengenal wayang secara awam semacam saya.
Dimulai ketika Kahyangan Junggring saloka terjadi geger akibat mengamuknya Raja Trajutimbang yang bernama Prabu Bomantara beserta Patih Pancatnyana.  Prabu Bomantara bermaksud memperisteri Bathari Ratih, tetapi keinginannya di tolak oleh para dewa.  Akibatnya, pertemupranpun tak dapat dihindarkan.  Sayangnya Para dewa mengalami kekalahan da berniat meminta bantuan Prabu Kresna, Raja Dwarawati.
Selengkapnya, cerita ini dapat anda nikmati dalam file berikut.  Sayangnya belum semua kaset bisa saya convert ke digital karena masih harus diperbaiki mengingat kaset ini sudah cukup tua. Dalam covernya tertulis tahun 1975 ketika kaset ini dibeli. Saya mendapatkan kaset ini (seperti biasa) di pasar klitihikan.  Kendati masih lengkap tapi 3 diantaranya dalam keadaan rusak parah dan harus diperbaiki. Akan tetapi saya bisa memastikan, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan segera lengkap.

Selamat Menikmati
  1. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _01_A
  2. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _01_B
  3. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _02_A
  4. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _02_B
  5. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _03_A
  6. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _03_B
  7. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _04_A
  8. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _04_B
  9. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _05_A
  10. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _05_B
  11. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _06_A
  12. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _06_B
  13. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _07_A
  14. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _07_B
  15. Ki Nartosabdho_ Suteja Takan Bapa _08_(tamat)

(Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)
Title: KI Narto Sabdho - suteja Takon Bapa
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono