Cendhana – Cendhani

Cerita ini sebenarnya merupakan “cerita wajib” pada pagelaran ketoprak ketika awal dikenalnya kesenian ketoprak.  Dalam perkembangannnya cerita semacam Cendana Cendani tadi bergeser pada cerita dengan setting Kerajaan di Jawa (Majapahit, Mataram dsb) sebelum akhirnya dikenal ketoprak dengan lakon carangan dan adaptasi (Sudira, Sam Pek eng Tay).
Cerita ini berlatar belakang Kerajaan Demak pada masa Pemerintahan Raden Patah.  Ketika itu muncul pemberontakan di Padukuhan Maja Agung yang dipimpin oleh Dalang bancak yang ing ingin melepaskan diri dari kekuasaan Demak.   Raden pateh kemudian mengutus Patih Wanasalam untuk membasmi pemberontakan itu..
Siapa Cendana Cendhani dan bagaimana akhir obsesi Dalang Bancak yang ingin mendirikan tanah perdikan di Maja Aguung, silahkan anda menikuti cerita yang saya kemas dalam format MP3 berikut ini.  Kendati kaset yang saya peroleh tidak lengkap, dan kualitas rekaman juga belum sempurna, akan tetapi untuk sekedar bernostalgia dengan kesenian ketoprak, saya rasa cukuplah.
  1. Cendhana-Cendhani 1
  2. Cendhana-Cendhani 2
  3. Cendhana-Cendhani 3
  4. Cendhana-Cendhani 4
  5. Cendhana-Cendhani 5

(Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)

Title: Cendhana – Cendhani
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono