Kethoprak Mataram, Sri Tanjung

Ini adalah sebuah contoh lakon kethoprak yang menggabungkan antara mitos, sejarah dan legenda yang jika dikembalikan kepada aspek rasionalitas, akan sangat sulit sekali diterima.  Akan tetapi, tentunya kita sepakat bahwa kita tidak pada kapasitas untuk menilai sebuah lakon kethoprak dari aspek cerita. Kita hanyalah penikmat karya seni semata. Dana dari amatan saya, Cerita Sri Tanjung ini, indah sekali.
Cerita yang berlatar belakang terjadinya daerah Banyuwangi ini, diawali dengan Prabu Silakrama yang jatuh cinta pada istri bawahannya, yaitu Patih Sidapeksa yang bernama dewi Sri Tanjung, putri mendiang Raden Sadewa.
Begitu besarnya cinta Prabu Silakrama kepada Sri Tanjung, hingga segala upaya ia tempuh untuk bisa mempersunting putrid Pertapaan Prangalas ini.  Prabu Silakrama memberikan perintah kepada Patih Sidapeksa dengan sebuah tugas yang hampir tidak masuk akal yaitu memerintahkan Sidapeksa untuk menghadap Betahara Indra di Kahyangan guna menyampaikan sepucuk surat.  Celakanya surat itu berisi fitnah bahwa Sidapeksa bermaksud membuat onar di Kahyangan.  Beruntung, posisinya sebagai Menantu Raden Sadewa telah menyelamatkan Sidapeksa dari fitnah Prabu Selakrama.  Lebih dari itu, diketahuilah bahwa Raden Sadewa setelah berhasil ngruwat Bethari Durga, dia diambil anak angkat oleh bethara Indra.  Dengan kata lain, patih Sidapeksa adalah cucu Bethara Indra.
Pada saat Sidapeksa berada di Kahyangan inilah Prabu Silakrama berusaha mendekati Sri Tanjung. Akan tetapi niat itu tidak ditanggapi oleh Sri Tanjung, yang berujung pada kemarahan Prabu Silakrama.   Terdorong oleh hasutan Patih Wisapraja, daripada harus menanggung malu apabila Sri Tanjung membuka aibnya, lebih baik apabila Sri Tanjung dilenyapkan.
Celakanya, Patih Sidapeksa termakan oleh fitnah Prabu Selakrama.  Maka sekembalinya dari Kahyangan, Patih Sidapeksa bertekad membunuh isterinya itu.  Di Hutan Setra Gandamayit Sri Tanjung tewas diujung keris suaminya sendiri.  Ketika air sungai dimana jasad Sri Tanjung berbau wangi terbawa oleh kesucian darah Sri Tanjung, sadarlah Sidapeksa bahwa dia telah termakan fitnah.  Tapi penyesalan selalu datang terlambat…………..
Sekarang, andaikan Cut Tari dan Luna Maya adalah Sri Tanjung maka masalah tentunya tidak akan berlarut-larut…….. Ahhh….. :)
Silahkan Nikmati File MP3, Kethoprak Mataram berikut ini:
(Mohon Maaf jika ripping audionya kurang bagus…..)
  1. Kethoprak Mataram, Sri Tanjung 1
  2. Kethoprak Mataram, Sri Tanjung 2
Title: Kethoprak Mataram, Sri Tanjung
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono