Lingkungan Pemasaran
LINGKUNGAN PEMASARAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran.
Dosen pengampu : Drs.Aziz Slamet Wiyono,M.M.
Disusun
oleh :
Martono (132211123)
Dwi Noviana (132211146)
Feriza
Ramadhani (132211148)
Tutik Noviyanti (132211133)
Yzuni Puspitasari (132211151)
JURUSAN MANAJEMEN SYARI’AH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
2014/2015
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah, Yang Maha
Mengetahui segala apa yang terlintas dalam hati, Maha Mengetahui setiap
kesulitan dan Maha Mendengar setiap permintaan, berkat rahmat dan hidayah-Nya,
penyusunan makalah yang berjudul "Lingkungan Pemasaran"dapat
terselesaikan tepat pada waktunya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan
kepada Nabi besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, sahabatnya dan seluruh
umatnya hingga akhir zaman.
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi
tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran dengan dosen pengampu Drs.Aziz Slamet
Wiyono,M.M. Namun tidak menutup kemungkinan, makalah ini juga dapat di
manfaatkan oleh mahasiswa/i umumnya, khususnya oleh penyusun sebagai sumber
reverensi tambahan dalam proses pembelajaran.
Tak ada gading yang tak retak, begitulah
adanya makalah ini. Dengan segala kerendahan hati, penyusun mengharapkan kritik
dan saran yang membangun guna peningkatan penyusunan makalah dimasa mendatang.
Semoga kita semua selalu berada dalam
naungan dan lindungan Allah SWT. Amiin.
Surakarta,07 Oktober 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................2
DAFTAR ISI ...............................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang .......................................................................4
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Pemasaran dan
Lingkungan Pemasaran...................5
2.2. Analisis
kebutuhan dan trend dalam lingkungan makro………5
2.3. Lingkungan
Pemasaran terdiri dari……………………............6
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan .....................................................................10
DAFTAR PUSTAKA .....................................................................11
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Apakah yang
di maksud dengan lingkungan pemasaran? sebelum mengetahui tentang lingkunagn pemasaran
kita harus tahu apakah yang di maksud dengan linngkungan dan pemasaran.
Lingkungan adalah segala faktor yang berada disekitar dan di dalam suatu subjek
yang mempengaruhi subjek itu sendiri. Sedangkan pemasaran menurut Philip Kotler
dan Amstrong adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan yang lain.
Dari
pengertian diatas dapat di artikan lingkungan pemasaran adalah pelaku dan
kekuatan diluar pemasaran yang mempengaruhi manajemen pemasaran untuk membangun
dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Dari
pengertian tersebut dapat di artikan lingkungan pemasaran yaitu faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan manajemen untuk mempertahankan atau membangun
produk supaya konsumen loyal terhadap produk yang di produksi.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
pemasaran dan lingkungan pemasaran
·
Pengertian
pemasaran
1. Secara umum pengertian pemasaran merupakan
suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan produsen ketangan
konsumen,
2. Menurut Philip Kotler: pemasaran adalah
semua proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan
kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar
sesuatu yang bernilai satu sama lain.
3. Menurut American Marketig Association:
pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan pengembangan kegiatan usaha
yang meliputi kebijakan harga, promosi, dan distribusi sejumlah barang atau
jasa yang diarahkan pada suatu proses pertukaran yang memuaskan individu dan
organisasi.
·
Pengertian lingkungan
pemasaran
Lingkungan
pemasaran yaitu pelaku-pelaku (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada di luar
fungsi manajemen pemasaran yang akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran
untuk mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan
sasarannya.
B.
Analisis
kebutuhan dan trend dalam lingkungan makro
Perusahaan
yang berhasil adalah perusahaan yang mampu mengetahui dan merespon berbagai
kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi yang bersifat menguntungkan dalam
lingkungan makro. Kebutuhan yang tidak terpenui selalu dapat ditemukan.
Sehingga perusahaan dapat memperbaiki peruntungan jika mereka dapat mengatasi
setiap permasalahan tersebut.
Banyak
kesempatan di dapat dengan mengidentifikasi trend.
Dalam analisis kebutuhan perlu dibedakan antara fad, trend dan megatrend.
Fad ialah kecenderungan yang muncul
secara tidak terduga, berjangka pendek, tanpa memiliki arti penting dalam aspek
ekonomi, politik maupun sosial. Perusahaan dapat memperoleh laba dari fad seperti boneka Teletubbies tetapi
ini lebih merupakan factor keberuntungan dan waktu yang bertepatan.
Tren (trend) adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan
durabilitas. Tren lebih mudah diperkirakan dan lebih berlangsung lama daripada
fad. Tren mengungkapkan bentuk masa depan dan memberikan banyak peluang.
Sebagai contoh, presentase orang yang menghargai kebugaran fisik dan
kesejahteraan dewasa ini semakin meningkat, terutama dalam kelompok usia 30
tahun, wanita muda, konsumen kaya, dan orang yang hidup di Barat.
Megatrend (megatrend) digambarkan sebagai “perubahan besar dalam sosial,
ekonomi, politik, dan teknologi yang lambat terbentuk, dan setelah terjadi
perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara 7 dan 10 tahun,
atau bahkan lebih lama.
C. Lingkungan Pemasaran terdiri dari :
1. Lingkungan eksternal Mikro
Lingkungan mikro perusahaan merupakan
pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mampu memengaruhi perusahaan untuk
melayani pelanggannya. Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari: perusahaan,
pemasok, perantara, pemasaran, pasar, pelanggan, pesaing dan masyarakat.
a. Perusahaan
Dalam
membuat desain rencana pemasaran, manajemen pemasaran perlu memperhitungkan
kelompok dalam perusahaan lain seperti manajemen puncak, keuangan riset dan
pengembangan, pembelian manufaktur, dan akuntansi. Semua kelompok ini saling berhubungan
membentuk lingkungan internal. Manajemen puncak menetapkan misi, tujuan,
strategi dan kebijaksanaan. Manajer pemasaran harus mengambil keputusan dalam
perencanaan yang dibuat oleh manajemen puncak, rencana perusahan harus mendapat
persetujuan dari manajemen puncak sebelum di emplementasikan.
b. Pemasok
Pemasok
adalah perusahaan atau individu yang memasok sumber daya yang diperlukan oleh
perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa. Perkembangan pemasok sangat
berpengaruh terhadap pemasaran. Manajer pemasaran harus memperhatikan
ketersediaan supply. Kekurangan atau keterlambatan pasokan dapat menyebabkan
mahalnya biaya penjualan dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang dapat
merusak itikad baik konsumen.
c. Perantara pemasaran
Perantara pemasaran adalah perusahaan yang
membantu mempromosikan penjual, dan mendistribusikan produk kepada konsumen
akhir yang meliputi pedagang perantara, perusahaan distributor, agen jasa
pemasaran dan perantara keuangan. Pedagang perantara ialah saluran distribusi
yang membantu perusahaan mendapatkan konsemun atau melakukan penjualan kepada
mereka, pedagang perantara meliputi grosit dan mengecer yang membeli barang
dagangan untuk dijual kembali.
d.
Konsumen
Perusahaan harus
mengkaji pasar konsumen dengan cermat. Pasar konsumen terdiri dari perseorangan
dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar
industri membeli barang dan jasa untuk diproses lebih lanjut atau digunakan
untuk keperluan proses pemerintah terdiri dari lembaga-lembaga pemerintahan
yang membeli barang dan jasa untuk keperluan pelayanan publik.
2. Lingkungan eksternal Makro
Pemantauan
lingkungan adalah proses pengumpulan informasi tentang lingkungan eksternal
perusahaan, analisis lingkungan, dan prakiraan dampak hasil analisis tren pemasaran.
Ada
dua jenis kekuatan eksternal yang berpengaruh terhadap perusahaan:
1. Pengaruh Makro, yang mempengaruhi semua
perusahaan seperti demografi, kondisi ekonomi, dan hukum.
2. Pengaruh Mikro, yang mempengaruhi
perusahaan tertentu, yang terdiri dari pemasok, perantara pemasaran, dan
konsumen.
Keberhasilan
pemasaran ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam mengelola program
pemasaran didalam lingkungannya. Untuk melakukan itu, eksekutif pemasaran harus
mengetahui dengan tepat sesuatu yang membentuk lingkungan perusahaan dan
memantaunya dengan cara yang sistematis.
Pengaruh
lingkungan Eksternal, faktor-faktor eksternal makro meliputi:
a.
Demografi
Demografi
mengacu pada ciri populasi manusia, yang meliputi faktor-faktor seperti ukuran,
distribusi, dan pertumbuhan. Karena manusia membentuk kasar, demografi
memerlukan perhatian khusus dalam perhitungan eksekutif pemasaran.
b.
Kondisi
Ekonomi
Untuk
dapat disebut kasar orang harus mempunyai uang untuk di belanjakan. Karena itu,
lingkungan ekonomi merupakan kekuatan penting yang mempengaruhi aktifitas
pemasaran perusahaan. Program pemasarn di pengaruhi khususnya oleh faktor
ekonomi seperti inflasi dan tingkat suku bunga.
c.
Persaingan
Pada
umumnya perusahaan menghadapi 3 macam persaingan meliputi persaingan merek yang
dialami oleh perusahaan yang beroperasi dalam bidang yang sama, misalnya
perusahaan air mineral.
Perusahaan
pada umunya menghadapi persaingan dari sumber yang berbeda:
·
Persaingan
merek dari pemasar produk yang sama. Perusahaan penerbangan Lion Air bersaing
dengan Batavia Air di beberapa pasar.
·
Produk
substitusi untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Misalnya perusahaan kaset
rekaman bersaing dengan perusahaan compact disk (CD).
·
Jenis
persaingan yang ke tiga, lebih bersifat umum, setiap perusahaan merupakan
pesaing untuk daya beli konsumen yang terbatas.
d.
Pengaruh
sosial dan budaya
Tugas yang dihadapi oleh eksekutif
pemasaran menjadi lebih komplek karena pola budaya masyarakat( gaya hidup,
nilai hidup dan kepercayaan) berubah dengan lebih cepat dari pada kebiasaan
yang lalu. Ini merupakan perubahan dalam pengaruh sosial dan budaya yang
berimplikasi penting dalam pemasaran.
e.
Pengaruh
politik dan hukum
Setiap pengelolaan perusahaan
semakkin banyak dipengaruhi oleh proses politik dan hukum dalam
masyarakat.pengaruh politik dan hukum dalam pemasaran meliputi kebijaksanaan
moneter dan fiskal, peraturan dan perundang-undangan, hubungan pemerintah dan
perindustrian, serta perundang-undangan secara khusus berhubungan dengan
pemasaran.
Pengaruh politik dan politik pada pemasaran
dapat dikelompokkan ke dalam lma kategori:
·
Kebijaksanaan
fiskal dan moneter.
·
Peraturan
sosial dan yang menyertai pengaturan kebijaksanaan oleh lembaga pembuat
undang-undang.
·
Hubungan
pemerintah dengan industri swasta.
f.
Pengaruh
teknologi
Teknologi
berdampak sangat luas terhadap kehidupan manusia, gaya hidup, pola konsumsi,
dan kesejahteraan ekonomi. Perkembangan teknologi dapat diilustrasikan dengan
teknologi pesawat terbang, manfaat plastik, pil pengatur kelahiran. Semua
teknologi ini merambah setiap aspek kehidupan masa kini. Dalam kehidupan di
masa mendatang mungkin teknologi akan terus berkembang karenba pengaruh upaya
penyembuhan flu, pengembangan sumber energi untuk menggantikan minyak, metode
pemrosesan air laut menjadi air tawar yang dapat diminum, atau bahkan perjalanan komersial ke
bulan.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pemasaran adalah sebuah proses
distribusi dari produsen ke konsumen. Pemasaran bisa berjalan dengan lancar
jika ditopanag oleh lingkungan pemasaran yang baik. Analisa dibutuhkan untuk
sebelumproses pemasaran. Dengan menganalisa kita juga akan menatahui trend,
fad, megatrend. Sehingga proses pemasaran bisa optimal.
DAFTAR
PUSTAKA
Philip Kotler,
Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit
Erlangga.
Mahmud
Machfoedz, Pengantar Pemasaran Modern, Penerbit Akademi Manajemen
Perusahaan YKPN, Cetakan Pertama, Desember 2005.
Arif Muanas dkk,
Manajemen Pemasaran, Penerbit Asnalitera, Sleman, 2013.
Title: Lingkungan Pemasaran
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono