Lingkungan Pemasaran



LINGKUNGAN PEMASARAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran.
Dosen pengampu : Drs.Aziz Slamet Wiyono,M.M.
Disusun oleh :
Martono                      (132211123)
Dwi Noviana               (132211146)
Feriza Ramadhani       (132211148)
Tutik Noviyanti           (132211133)
Yzuni Puspitasari        (132211151)

JURUSAN MANAJEMEN SYARI’AH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS  ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
2014/2015
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah, Yang Maha Mengetahui segala apa yang terlintas dalam hati, Maha Mengetahui setiap kesulitan dan Maha Mendengar setiap permintaan, berkat rahmat dan hidayah-Nya, penyusunan makalah yang berjudul "Lingkungan Pemasaran"dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, sahabatnya dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.
Makalah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran dengan dosen pengampu Drs.Aziz Slamet Wiyono,M.M. Namun tidak menutup kemungkinan, makalah ini juga dapat di manfaatkan oleh mahasiswa/i umumnya, khususnya oleh penyusun sebagai sumber reverensi tambahan dalam proses pembelajaran.
Tak ada gading yang tak retak, begitulah adanya makalah ini. Dengan segala kerendahan hati, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna peningkatan penyusunan makalah dimasa mendatang.
Semoga kita semua selalu berada dalam naungan dan lindungan Allah SWT. Amiin.


Surakarta,07 Oktober 2014



Penyusun




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..................................................................................2
DAFTAR ISI  ...............................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN
            1.1. Latar Belakang     .......................................................................4
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Pemasaran dan Lingkungan Pemasaran...................5
2.2. Analisis kebutuhan dan trend dalam lingkungan makro………5
2.3. Lingkungan Pemasaran terdiri dari……………………............6
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan           .....................................................................10

DAFTAR PUSTAKA                        .....................................................................11






BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Apakah yang di maksud dengan lingkungan pemasaran? sebelum mengetahui tentang lingkunagn pemasaran kita harus tahu apakah yang di maksud dengan linngkungan dan pemasaran. Lingkungan adalah segala faktor yang berada disekitar dan di dalam suatu subjek yang mempengaruhi subjek itu sendiri. Sedangkan pemasaran menurut Philip Kotler dan Amstrong adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan yang lain.
Dari pengertian diatas dapat di artikan lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan diluar pemasaran yang mempengaruhi manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Dari pengertian tersebut dapat di artikan lingkungan pemasaran yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan manajemen untuk mempertahankan atau membangun produk supaya konsumen loyal terhadap produk yang di produksi.










BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian pemasaran dan lingkungan pemasaran
·         Pengertian pemasaran
1.      Secara umum pengertian pemasaran merupakan suatu proses perpindahan barang atau jasa dari tangan produsen ketangan konsumen,
2.      Menurut Philip Kotler: pemasaran adalah semua proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain.
3.      Menurut American Marketig Association: pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan pengembangan kegiatan usaha yang meliputi kebijakan harga, promosi, dan distribusi sejumlah barang atau jasa yang diarahkan pada suatu proses pertukaran yang memuaskan individu dan organisasi.
·         Pengertian lingkungan pemasaran
Lingkungan pemasaran yaitu pelaku-pelaku (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada di luar fungsi manajemen pemasaran yang akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya.
B.     Analisis kebutuhan dan trend dalam lingkungan makro
Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang mampu mengetahui dan merespon berbagai kebutuhan dan tren yang belum terpenuhi yang bersifat menguntungkan dalam lingkungan makro. Kebutuhan yang tidak terpenui selalu dapat ditemukan. Sehingga perusahaan dapat memperbaiki peruntungan jika mereka dapat mengatasi setiap permasalahan tersebut.
Banyak kesempatan di dapat dengan mengidentifikasi trend. Dalam analisis kebutuhan perlu dibedakan antara fad, trend dan megatrend. Fad ialah kecenderungan yang muncul secara tidak terduga, berjangka pendek, tanpa memiliki arti penting dalam aspek ekonomi, politik maupun sosial. Perusahaan dapat memperoleh laba dari fad seperti boneka Teletubbies tetapi ini lebih merupakan factor keberuntungan dan waktu yang bertepatan.
            Tren (trend) adalah arah atau urutan kejadian yang mempunyai momentum dan durabilitas. Tren lebih mudah diperkirakan dan lebih berlangsung lama daripada fad. Tren mengungkapkan bentuk masa depan dan memberikan banyak peluang. Sebagai contoh, presentase orang yang menghargai kebugaran fisik dan kesejahteraan dewasa ini semakin meningkat, terutama dalam kelompok usia 30 tahun, wanita muda, konsumen kaya, dan orang yang hidup di Barat.
            Megatrend (megatrend) digambarkan sebagai “perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lambat terbentuk, dan setelah terjadi perubahan itu mempengaruhi kita untuk sementara waktu antara 7 dan 10 tahun, atau bahkan lebih lama.

C.     Lingkungan Pemasaran terdiri dari :
1.      Lingkungan eksternal Mikro
Lingkungan mikro perusahaan merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mampu memengaruhi perusahaan untuk melayani pelanggannya. Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara, pemasaran, pasar, pelanggan, pesaing dan masyarakat.
a.       Perusahaan
Dalam membuat desain rencana pemasaran, manajemen pemasaran perlu memperhitungkan kelompok dalam perusahaan lain seperti manajemen puncak, keuangan riset dan pengembangan, pembelian manufaktur, dan akuntansi. Semua kelompok ini saling berhubungan membentuk lingkungan internal. Manajemen puncak menetapkan misi, tujuan, strategi dan kebijaksanaan. Manajer pemasaran harus mengambil keputusan dalam perencanaan yang dibuat oleh manajemen puncak, rencana perusahan harus mendapat persetujuan dari manajemen puncak sebelum di emplementasikan.
b.      Pemasok
Pemasok adalah perusahaan atau individu yang memasok sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa. Perkembangan pemasok sangat berpengaruh terhadap pemasaran. Manajer pemasaran harus memperhatikan ketersediaan supply. Kekurangan atau keterlambatan pasokan dapat menyebabkan mahalnya biaya penjualan dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang dapat merusak itikad baik konsumen.
c.    Perantara pemasaran
     Perantara pemasaran adalah perusahaan yang membantu mempromosikan penjual, dan mendistribusikan produk kepada konsumen akhir yang meliputi pedagang perantara, perusahaan distributor, agen jasa pemasaran dan perantara keuangan. Pedagang perantara ialah saluran distribusi yang membantu perusahaan mendapatkan konsemun atau melakukan penjualan kepada mereka, pedagang perantara meliputi grosit dan mengecer yang membeli barang dagangan untuk dijual kembali.
d.   Konsumen
Perusahaan harus mengkaji pasar konsumen dengan cermat. Pasar konsumen terdiri dari perseorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar industri membeli barang dan jasa untuk diproses lebih lanjut atau digunakan untuk keperluan proses pemerintah terdiri dari lembaga-lembaga pemerintahan yang membeli barang dan jasa untuk keperluan pelayanan publik.
2.       Lingkungan eksternal Makro
Pemantauan lingkungan adalah proses pengumpulan informasi tentang lingkungan eksternal perusahaan, analisis lingkungan, dan prakiraan dampak hasil analisis tren pemasaran.
Ada dua jenis kekuatan eksternal yang berpengaruh terhadap perusahaan:
1.      Pengaruh Makro, yang mempengaruhi semua perusahaan seperti demografi, kondisi ekonomi, dan hukum.
2.      Pengaruh Mikro, yang mempengaruhi perusahaan tertentu, yang terdiri dari pemasok, perantara pemasaran, dan konsumen.
Keberhasilan pemasaran ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam mengelola program pemasaran didalam lingkungannya. Untuk melakukan itu, eksekutif pemasaran harus mengetahui dengan tepat sesuatu yang membentuk lingkungan perusahaan dan memantaunya dengan cara yang sistematis.
Pengaruh lingkungan Eksternal, faktor-faktor eksternal makro meliputi:
a.       Demografi
Demografi mengacu pada ciri populasi manusia, yang meliputi faktor-faktor seperti ukuran, distribusi, dan pertumbuhan. Karena manusia membentuk kasar, demografi memerlukan perhatian khusus dalam perhitungan eksekutif pemasaran.
b.      Kondisi Ekonomi
Untuk dapat disebut kasar orang harus mempunyai uang untuk di belanjakan. Karena itu, lingkungan ekonomi merupakan kekuatan penting yang mempengaruhi aktifitas pemasaran perusahaan. Program pemasarn di pengaruhi khususnya oleh faktor ekonomi seperti inflasi dan tingkat suku bunga.
c.       Persaingan
Pada umumnya perusahaan menghadapi 3 macam persaingan meliputi persaingan merek yang dialami oleh perusahaan yang beroperasi dalam bidang yang sama, misalnya perusahaan air mineral.
Perusahaan pada umunya menghadapi persaingan dari sumber yang berbeda:
·         Persaingan merek dari pemasar produk yang sama. Perusahaan penerbangan Lion Air bersaing dengan Batavia Air di beberapa pasar.
·         Produk substitusi untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Misalnya perusahaan kaset rekaman bersaing dengan perusahaan compact disk (CD).
·         Jenis persaingan yang ke tiga, lebih bersifat umum, setiap perusahaan merupakan pesaing untuk daya beli konsumen yang terbatas.
d.      Pengaruh sosial dan budaya
Tugas yang dihadapi oleh eksekutif pemasaran menjadi lebih komplek karena pola budaya masyarakat( gaya hidup, nilai hidup dan kepercayaan) berubah dengan lebih cepat dari pada kebiasaan yang lalu. Ini merupakan perubahan dalam pengaruh sosial dan budaya yang berimplikasi penting dalam pemasaran.
e.       Pengaruh politik dan hukum
Setiap pengelolaan perusahaan semakkin banyak dipengaruhi oleh proses politik dan hukum dalam masyarakat.pengaruh politik dan hukum dalam pemasaran meliputi kebijaksanaan moneter dan fiskal, peraturan dan perundang-undangan, hubungan pemerintah dan perindustrian, serta perundang-undangan secara khusus berhubungan dengan pemasaran.
Pengaruh politik dan politik pada pemasaran dapat dikelompokkan ke dalam lma kategori:
·         Kebijaksanaan fiskal dan moneter.
·         Peraturan sosial dan yang menyertai pengaturan kebijaksanaan oleh lembaga pembuat undang-undang.
·         Hubungan pemerintah dengan industri swasta.
f.       Pengaruh teknologi
Teknologi berdampak sangat luas terhadap kehidupan manusia, gaya hidup, pola konsumsi, dan kesejahteraan ekonomi. Perkembangan teknologi dapat diilustrasikan dengan teknologi pesawat terbang, manfaat plastik, pil pengatur kelahiran. Semua teknologi ini merambah setiap aspek kehidupan masa kini. Dalam kehidupan di masa mendatang mungkin teknologi akan terus berkembang karenba pengaruh upaya penyembuhan flu, pengembangan sumber energi untuk menggantikan minyak, metode pemrosesan air laut menjadi air tawar yang dapat  diminum, atau bahkan perjalanan komersial ke bulan.













PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pemasaran adalah sebuah proses distribusi dari produsen ke konsumen. Pemasaran bisa berjalan dengan lancar jika ditopanag oleh lingkungan pemasaran yang baik. Analisa dibutuhkan untuk sebelumproses pemasaran. Dengan menganalisa kita juga akan menatahui trend, fad, megatrend. Sehingga proses pemasaran bisa optimal.
















DAFTAR PUSTAKA
Philip Kotler, Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1, Penerbit Erlangga.
Mahmud Machfoedz, Pengantar Pemasaran Modern, Penerbit Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Cetakan Pertama, Desember 2005.
Arif Muanas dkk, Manajemen Pemasaran, Penerbit Asnalitera, Sleman, 2013.
Title: Lingkungan Pemasaran
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono