Kethoprak Mataram, Rara Jonggrang


Di keraton Prambanan, Prabu Baka berniat membangun candi. Ia adalah raja raksasa dan mepunyai kesaktian yang luar biasa. Pembuatan Candi ini didorong oleh keinginan anak perempuannya yang cantik bernama Rara Jonggrang. Entah apa sebabnya, pembangunan Candi terebut tidak pernah berhasil, padahal sudah ditempuh berbagai cara.  Prabu Baka merasa putus asa maka dibuatlah sayembara kepada siapapun yang bisa membangun Candi di Keraton Prambanan akan dinikahkan dengan Rara Jonggrang.
Sementara itu, di Keraton Pengging, sang Prabu merasa sangat gundah karena sudah beberapa kali pisowanan Prabu Baka dari Prambanan tidak pernah menghadap bahkan dari sikapnya terkesan Prabu Baka akan “ngraman” ke Keraton Pengging. Olah karena itu, diutuslah Raden Damarmaya untuk datang ke Prambanan disertai purbawasesa jika Prabu Baka tidak bisa iajak bermusyawarah dan memberikan penjelasan ketidak hadirannya ke Keraton Pengging.
Tak berapa lama setlah kepergian Raden Damarmaya, datang seorang pemuda bernama Bandung. Kendati terkesan kurang sopan, tetapi bandung terlihat lugas dan jujur. Kehadirannya ke Keraton Pengging adalah karena di perintah oleh dewa guna mencari ayah ibunya, yaitu Raden Damarmaya dan Dewi Candrawati.
Kendati anda sudah tahu bahwa pada akhirnya Bandung Inilah yang nantinya bisa membuat Candi Prambanan atas perintah rara Jonggrang, tetapi saya hampir bisa pastikan anda sudah lupa bagaimana rincinya cerita itu mengalir. Oleh karenanya, berikut ini saya gugah memori anda lewat MP3 Kethoprak Mataram dalam Cerita Rara Jonggrang
  1. Rara Jonggrang_1a
  2. Rara Jonggrang_1b
  3. Rara Jonggrang_2a
  4. Rara Jonggrang_2b
Title: Kethoprak Mataram, Rara Jonggrang
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono