Kethoprak Mataram Seri Sudira – Sudira Bangkit

Atas pertimbangan pangeran sepuh Danawilapa, untuk segera dapat menolong prabu Lesanpura yang terkepung dalam benteng Sonyapringgga, apalagi mengingat penderitaan Sudira yang kalau tidak dapat tertolong dalam tempo 40 hari akan meninggal, maka Sutrisna segera menyerang bala tentara Sapartibraja yang mengepung benteng Sonyapringga.
Akhirnya Sapartibraja berhasil dipukul mundur, prajuritnya kocar-kacir. Dalam kesempatan ini Sutrisna dapat menguasai Sonyapringga baik diluar maupun didalam benteng. Atas usada  anugerah Dewa yang dibawa oleh Sutrisna, Sudira bangkit kembali.
Malang bagi Sutrisna, karena setelah Sudira mengetahui bahwa Sutrisna kawin dengan Tosiani terpaksa Sutrisna dimasukan penjara. Setelah Sutrisna masuk penjara Sudira mendapat laporan bahwa Sapartibraja bersama-sama dengan ajar Dirgapati dan ajar wisapraja menyerang kembali dengan pusaka “cupu Wasiat”, Sudira akan maju tetapi tidak diperbolehkan oleh Danawilapa,  kemudian tugas ditawarkan, Tosidana menyanggupi asal mendapat hadiah Sutrisni.
Betapa marah Sudira mendengar permohonan itu. Atas nasehat Donawilapa Tosidana disetujui melakukan tugas  mencuri Cupu Wasiat dan membunuh kedua ajar, tapi apa lacur Tosidana gagal melakukan tugas tersebut, bahkan dia dapat ditawan dan disekap di dalam cupu Wasiat. Untung dalam situasi  yang gawat ini Tosidana masih mempunyai saudara seperguruan yaitu Candrana, yang memang digariskan oleh dewa untuk menolong Tosidana. Oleh Candrana Cupu Wasiat yang telah berisikan  Tosidana diserahkan kepada Sudira.
Sapartibraja dengan kedua ajar mengamuk, tetapi berhasil  dipukul mundur oleh Sutrisna yang terpaksa dikeluarkan dari penjara. Sapartibraja mendapat  bantuan dari kakak perempuannya yang bernama Sapartiati, Sutrisna kalah, tetapi mendapat  pertolongan dari Tarkini, Sapartiati menemui ajalnya.
  1. Sudira Bangkit_1
  2. Sudira Bangkit_2
  3. Sudira Bangkit_3
  4. Sudira Bangkit_4
  5. Sudira Bangkit_5
  6. Sudira Bangkit_6


1.      (Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)
 
Title: Kethoprak Mataram Seri Sudira – Sudira Bangkit
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono