Kethoprak Wahyu Manggala : Babad Pati, Sumali Mbalelo

Inti kisahnya bercerita tentang perjuangan Empu Sumali – warga Desa Perdikan Klaling (Kudus) yang ingin menuntut janji Adipati Pati guna meminta tanah ”Bumi Botak Kulon Negara”.
Tekad Sumali untuk nggecak perang ke bumi Pati sudah tak bisa ditawar lagi. Menurutnya, Adipati Joyokusumo telah ingkar. Janji untuk memberikan ”Bumi Buthak Kulon Negara” sebagai penghargaan atas jasa Sumali, hingga bertahun-tahun tak ada kabar beritanya.
”Diadhangana bakal mlumpat, didhadungana bakal uwal. ‘Bumi buthak kulon negara’ harus segera diserahkan,” tekadnya. Maka pilihan yang ditempuh Sumali pun terang benderang: madeg kraman! Menggelar pemberontakan untuk merebut tanah yang telah lama dijanjikan.
Meski akhirnya tewas, karena terkena bujuk istri rekan empunya, Ny Santi (istri Empu Sumarno), toh perjuangannya akhirnya dapat dicatat dalam ingatan warga. Bahwa, seorang pemimpin harus dapat menepati semua janji dan perkataannya.

  1. Babad Pati, Sumali Mbalelo_1
  2. Babad Pati, Sumali Mbalelo_2
  3. Babad Pati, Sumali Mbalelo_3
  4. Babad Pati, Sumali Mbalelo_4
  5. Babad Pati, Sumali Mbalelo_5
  6. Babad Pati, Sumali Mbalelo_6
  7. Babad Pati, Sumali Mbalelo_7
 (Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)
Title: Kethoprak Wahyu Manggala : Babad Pati, Sumali Mbalelo
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono