Kethoprak Mataram, RATU KIDUL

Cerita ini akan lebih tepat disebut sebagai Lakon Banjaran, karena menceritakan awal keterlibatan Ratu Kidul dalam sejarah panjang Mataram yang –konon- dari Jaman Panembahan Senapati Ing Alaga Paneteg Panatagama Kalipatulah Ingkang Jumeneng Angka I atau yang lebih dikenal sebagai Panembahan Senapati atau Sutawijaya.  Konon juga, terjadi komitmen antara Ratu Kidul dengan Sutawijaya, bahwa dia (Ratu Kidul) akan membantu raja-raja Mataram hingga kencar-kencar turun maturun.
Terlepas dari masalah benar dan salah, sungguh merupakan hal menarik yang tak habis dikupas apabila menceritakan mitos tentang Ratu Kidul.  Seorang puteri cantik keturunan bidadari yang menjadi Ratu Lelembut di Laut Selatan menjalin cinta dengan Raja Mataram bukan hanya untuk Sutawijaya sendiri tetapi juga anak turunnya, sampai saat ini.  Banyak tempat yang di anggap wingit dan dikeramatkan.  Mulai dari Pantai Parangtritis sampai dengan Hotel Ambarukma dipercaya mempunyai kaitan langsung dengan Legenda Ratu Kidul.  Banyak refernsi tentang Ratu Kidul yang bisa anda lihat, diantaranya disini 
Cerita ini dimulai dari ketidak puasan Ki Pemanahan dan Ki Panjawi tentang niat Hadiwijaya untuk memberikan tanah Alas Mentaok kepada Sutawijaya sebagai hadiah setelah berhasil meredam pemberontakan Adipati Jipang, Arya Penangsang.  Sampai waktu yang dirasa cukup pantas sebagai toleransi, Hadiwijaya tak juga merealisasikan janjinya.  Maka atas dorongan Ki Pemanahan dan Ki Penjawi, Sutawijaya segera melakukan babad Alas Mentaok untuk didirikan sebagai tanah perdikan.
Kegiatan Sutawijaya ini ternyata mengganggu para jin anak buah Ratu Kidul yang berada disitu.  Akibatnya, pasukan Sutawijaya menghadapi banyak hambatan yang memaksanya bertapa guna mengusir roh halus yang mengganggu kegiatan Babad Alas Mentaok.  Bertapanya Sutawijaya ternyata membuat geger Keraton Laut Selatan dan lokasi tempat pertapaan Sutawijaya menimbulkan cahaya terang yang memancar hingga singasana Ratu Kidul.
Kanjeng Ratu Kidul sangat marah dan berniat menemui Sutawijaya.  Tapi setelah bertemu dengan calon raja Mataram itu, luluhlah hatinya.  Bukan marah yang diterima Sutawijaya tetapi justru cinta dan pengabdian Kanjeng Ratu Kidul kepadanya bahkan sampai anak turunnya di kemudian hari.
Komitmen Kanjeng Ratu kidul ini dibuktikan ketika dalam lakon ini juga diceritakan ketika Sultan Agung Hanyakrakusuma atau Hamengkubuwana III   (berarti cucu Sutawijaya) berniat menyerang Batavia. Lakon ini tak hendak menceritakan perjalanan panjang Sutawijaya dan raja-raja Mataram yang lain, tetapi lebih menekankan pada keberadaan ratu Kidul sebagai Permaisuri raja Mataram dari waktu ke waktu.
Selengkapnya, kami persilahkan anda menikmati alur cerita serba ringkas tentang Ratu Kidul oleh Keluarga Ketoprak Mataram Kodam VII Diponegoro, pimpinan Bagong Kussudihardjo dengan dukungan pemain hebat yang tentu akan membangkitkan kenangan anda pada kejayaan seni kethoprak.
  1. Ratu Kidul 1-1
  2. Ratu Kidul 1-2
  3. Ratu Kidul 1-3
  4. Ratu Kidul 1-4
  5. Ratu Kidul 2-1
  6. Ratu Kidul 2-2
  7. Ratu Kidul 2-3
  8. Ratu Kidul 2-4
  9. Ratu Kidul 3-1
  10. Ratu Kidul 3-2
  11. Ratu Kidul 3-3
  12. Ratu Kidul 3-4
  13. Ratu Kidul 4-1
  14. Ratu Kidul 4-2
  15. Ratu Kidul 4-3
  16. Ratu Kidul 4-4

(Terima kasih anda telah mampir di blog ini. Jika sudah berhasil download file kami, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan selanjutnya)
Title: Kethoprak Mataram, RATU KIDUL
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono

1 komentar:

Ingin bljr ilmu ghoib, menembus alam ghaib, pengobatan, pagar ghoib dll.Telpon: 0815 6766 2467