Ki H. Anom Suroto, Sukma Langgeng

Ki H. Anom Suroto, Sukma Langgeng




Dalam perjalanan menghadapi perang Baratayuda, Prabu Duryudana merasa merasa pesimis bisa memperoleh kemenangan mengingat kekuatan Pendhawa yang makin tak terbendung.  Kegelisahan Duryudana ini bisa dimengerti karena sejauh ini upaya untuk mengalahkan Pendawa selalu mengalami kegagalan.

Setelah lebih jauh dianalisis, kekuatan Pendhawa ini lebih disebabkan karena keberadaan Prabu Kresna yang secara tegas pasang badan untuk Pendhawa.  Oleh karena itu, atas saran Pendhita Durna, Prabu Duryudana menghadirkan Sri Kresna ke Astinapura untuk dibujuk agar bersedia membantu Kurawa dalam perang Baratayudha.
Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak.  Alih-alih Kresna bersedia membantu Kurawa, tetapi justru penolakan yang didapat.  Prabu Duryudana dan Kurawa dipermalukan habis-habisan oleh Raja Dwarawati ini yang berujung pada kemarahan Prabu Duryudana.  Kresna ditangkap dan dipenjara.
Bersamaan dengan itu, datanglah seorang Pujangga  bernama Resi Among Gati. Dia adalah Pujangga dari seorang Raja bernama Prabu Nindyamaya.  Kehadirannnya ke Negara Astina adalah untuk meminta Duryudana turun tahta karena Prabu Nindyamaya bermaksud menggantikan Prabu Duryudana menjadi Raja Astinapura.

Tentu saja hal ini menjadikan mengejutkan Duryudana dan menjadikannnya marah luar biasa.  Tidak hanya Duryudana, Pendita Durnapun menjadi sangat tersinggung dan menantang Begawan Among Gati untuk mengadu ilmu dan kesakian sebagai pendita.  Tantangan Pendita Durna diterima oleh Begawan Among Gati.  Sayangnya, dalam adu ilmu dan kesktian itu, Pendita Durna kalah.  Atas kekalahannnya Durna berniat membunuh Among Gati.
Ternyata Among Gati bukanlah orang sembarangan, terbukti ketika benar-benar marah kepada Pendhita Durna dan menyumpahi Pendita Sokalima ini dengan sebutan wraha (babi hutan) seketika itu Durna berubah wujud menjadi wraha.  Malu dan marah Dorna melarikan diri dari pertarungannya dengan Among Gati.
Bagaimanakah nasib Pendita Durna kemudian?  Berhasilhkah Nindyamaya menduduki tahta Astinapura?  Bagaimanakah nasib Kresna yang dipenjara oleh para Kurawa? Dan Siapakah sebenrnya Sukma Langgeng itu?
Semua pertanyaan itu akan terjawab setelah anda tuntas mendengarkan Lakon Sukma Langgeng yang digelar secara runtut dan menarik oleh Ki H Anom Suroto.  Selamat Mengikuti…………
  1. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 1a
  2. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 1b
  3. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 2a
  4. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 2b
  5. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 3a
  6. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 3b
  7. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 4a
  8. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 4b
  9. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 5a
  10. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 5b
  11. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 6a
  12. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 6b
  13. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 7a
  14. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 7b
  15. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 8a
  16. Ki H Anom Suroto, Sukma Langgeng 8b
Title: Ki H. Anom Suroto, Sukma Langgeng
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Martono